Trend dan
Tantangan Bisnis Masa Kini
1. Globalisasi Ekonomi
Dalam pasar global, pesaing datang
dari berbagai negarayang berbeda. Sudah siapkah anda menghadapi persiangan
seperti ini? Sudah siapkah bisnis yang ada menghadapi era teknologi modern?
2. Tantangan Sosial
a. Pemulihan Ekonomi
Pemulihan ekonomi saat ini didorong
oleh dua faktor utama yaitu pengingkatan kebutuhan terhadap barang-barang
konsumi serta penurunan inflasi dan suku bunga.
b. Wanita di Dunia Kerja
Secara kultur, Indonesia termasuk
negara yang tidak memiliki tingkat maskulinitas tinggi hanya 46M. (Penelitian:
Noe et.all, 1994). Maraknya pemimpin wanita yang naik pentas snagat boleh jadi
membawa angin baru. Dengan keluwesannya, negosiasi tampaknya akan lebih
mewarnai gaya kepemimpinan mereka. Gaya keibuan boleh jadi akan bertransformasi
menjadi ilmu kapas ; ringan dan lembut, tapi bisa menjadi padat dan tidak mudah
koyak.
c. Isu link and Match
Link and match adalah kondisi yang
menggarmbarkantingkat kesesuaian antara dunia pendidikan dan dunia kerja.
d. Diversitas
Indonesia memiliki berbagai macam
suku dan adat istiadat yang tentunya memiliki kebiasaan dan nilai-nilai yang
berbeda pula dengan satu sama lain.
e. Konflik Nilai
Perbedaan nilai dapat terjadi karena
berbagai hal, antara lain karena faktor usia. Perbedaan nilai tersebut antara
lain :
1. Genarasi Baby Boomers
2. Baby Bustersf.
Etika Bisnis Sustainable development
maupun green business merupakan isu yang semakin berkembang. Ecolabeling
merupakan salah satu contoh usaha masyarakat untuk menyelamatkan lingkungan
dari ancaman dunia bisnis. Dunia bisnis juga harus berfungsi sosial dan
dioperasikan dengan mengindahkan etika-etika yang berlaku di masyarakat.
3. Tantangan Kualitas
Kualitas yang merupakan kunci utama
yang harus dimiliki persuahaan-perusahaan Indonesia untuk bersaing di pasar
internasional. Penekanan kualitas pada hakikatnya dapat dibedakan menjadi dua,
yaitu :
a. Penekanan teknis atau manufaktur
Secara teknis, produk dikatakan
kerkualitas jika telah memenuhi spesifikasi tertentu.
b. Penekanan pada konsumen
Dipandang dari sisi konsumen, produk
dikatakan berkualitas jika produk tersebut mampu memenuhi kebutuhan konsumen.
4. Tantangan Teknologi
Perubahan teknologi yang sangat
cepat harus diimbangi perusahaan dengan menynediakan karyawan yang terampil,
memiliki kapasitas, serta kemauan belajar yang tinggi.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar