Rabu, 17 Desember 2014

EVALUASI APLIKASI E-BISNIS PADA WEBSITE AMAZON.COM

Dengan lebih canggihnya teknologi sekarang ini maka kita dapat melekukan pembeliaan barang secara online. Salah satu situs yang melakukan penjualan online yaitu www.amazon.com. Namun secara umum kita harus mengetahui parameter yang digunakan dalam menilai suatu website antara lain :
1.    Accesibility
Yaitu bagian yang menjelaskan seberapa baik sebuah website dalam aspek aksesnya. Seperti apakah website tersebut sudah dapat diakses menggunakan teknologi-teknologi terbaru yang ada saat ini seperti melalui ponsel atau PDA
2.    Readibility
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang “Apakah situs tersebut nyaman untuk dibaca ?” dan “Apakah pengakses bisa mudah membaca dan mengerti isi situs tersebut?”.
3.    Speed
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya sebuah situs. Pengakses cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat mereka membuka sebuah situs yang lambat diakses, sehingga mereka harus menunggu beberapa lama untuk melihat tampilan situs tersebut. Pengakses cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs. Semakin cepat situs itu dalam melakukan loading time pastinya akan semakin baik.
4.    Content
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut. Karena itu konten adalah bagian yang paling penting dari sebuah penilaian. Karena itu konten haruslah menarik, relevan, dan sesuai untuk target audien situs yang dituju.
5.    Technology
Maksud dari technology disini yaitu menjelaskan tentang aplikasi atau teknologi apa saja yang digunakan dalam pengembangan website tersebut. Seperti teknologi yang yang digunakan dalam segi mendesain website tersebut. Dan seberapa baik desain itu dibangun.
Setelah mengetahui beberapa parameter yang digunakan dalam menilai sebuah situs, maka saya akan mencoba mengevaluasi website dari amazon.com
ACCESIBILITY
Web amazon.com ini sudah dapat di akses melalui ponsel dan PC.
READIBILITY
Website ini termasuk nyaman untuk dibaca, dan dipahami. Menu yang ada tidak membingungkan. Tampilannya simple dan menarik. Tampilannya juga menggunakan model slideshow yang menampilkan model terbaru, ditampilan utama juga menampilkan produk-produk barang terbarunya, dan informasi lebih dari amazon.com sendiri.

SPEED
Untuk mengaksesnya sendiri terbilang cukup mudah dan cepat, sehingga mempermudah para pengunjungnya dalam mengakses web ini.
CONTENT
Kontennya menarik, relevan, dan sesuai untuk target audien situs yang dituju.  Lengkap dengan rekomendasi jenis barang dan produk untuk kebutuhan sehari-hari.
v

Untuk informasi  transaksi jelas dan mudah. Dengan cara klik produk barang yang akan dibeli kemudian mengisi data pribadi dan ikuti langkah –langkah berikutnya. Pembayaran dilakukan lewat bank salah satunya bank BRI yang dapat mencairkan cek dari amazon.
Adapun untuk link informasi dapat dilihat langsung dalam tampilan utama bagian bawah dari informasi produk.


1.  Amazon memiliki banyak kreatifitas dalam melakukan penjualan pada dunia maya. Berbagai macam produk ditawarkan mulai dari barang non elektronik sampai elektronik. Alat dan bahan perlengkapan untuk kebutuhan sehari-hari juga ditawarkan.
2.  Amazon memiliki banyak hubungan sehingga proses bisnisnya cukup lancar
3.  Untuk mengakses websitenya cukup mudah.
Kekurangan dari website ini antara lain:
1.    Banyak produk yang ditawarkan tidak ditampilkan karakteristik dan fungsi atau kelebihan dari produk itu sendiri.
2.    Peng up date tan informasi barang-barang yang ditawarkan jaraknya lama
3.    Adanya iklan dalam halaman produk
Sumber :

http://ikhsanputrapratama.blogspot.com/2013/04/web-evaluation-mengevaluasi-sebuah.html
http://www.amazon.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar