SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
,PENGANTAR E-BISNIS
A. Pengertian
E-business dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis
yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem
informasi komputer, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan
dengan menggunakan teknologi Internet. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan
untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka
secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk
berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi
permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Dalam
penggunaan sehari-hari, e-bisnis tidak hanya menyangkut e-dagang (perdagangan
elektronik atau e-commerce) saja. Dalam hal ini, e-dagang lebih merupakan sub
bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis meliputi segala macam fungsi dan
kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet
(e-pemasaran). Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada
kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet.
E-bisnis
memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan
perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di
antaranya.
B. Model-Model
E-Business
Ø B2C
(Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara
individu dan organisasi.
Ø B2B
(Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara
organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
C. Pengaruh-pengaruh
E-Business atas proses Bisnis
Electronic Data Interchange
(EDI): adalah protokol Standar, ada sejak era tahun 1970, untuk secara
elektronik mentransfer (mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam
berbagai proses bisnis.Fungsi EDI yaitu :
Ø Meningkatkan
tingkat akurasi
Ø Mengurangi
biaya
D. Faktor-faktor
keberhasilan E-Business
Terdapat dua faktor penting
dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.
Ø Tingkat
kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan
perusahaan.
Ø Kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business
memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis
apapun.
E. Infrastruktur
untuk E-Bussiness
Kemajuan teknologi
komunikasi dan jaringan, terutama internet, menyediakan inrastruktur yang
dibutuhkan untuk e-business. Bagian ini memberikan pengantar atas gambaran umum
konsep jaringan dan mendiskusikan isu-isu strategis yang berkaitan dengan
metode-metode alternatif yang dapat dipergunakan organisasi dalam
mengimplementasikan e-business.
F. Jenis-jenis
Jaringan
Jaringan telekomunikasi
dibanyak perusahaan dipergunakan untuk melakukan e-commers dan mengelola
operasi internal yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu:
Ø Local
Area Network (LAN)
Ø Wide
Area Network (WAN)
Ø Value-added
Network dan
Ø Internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar