Selasa, 30 September 2014

Business to Consumer



B2C atau merupakan kepanjangan dari Business to Consumer  adalah bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis.Atau lebih tepatnya B2C adalah suatu aktivitas E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa, yang dapat diistilahkan dengan transaksi pasar.
Terdapat Beberapa perusahaan yang melayani B2C antara lain
    Amazon (www.amazon.com)  
    Cisco (www.cisco.com)
    www.Blackberry. com
    www.Apple.com
    www.Nokia.co.id
    www.Toyota.co.id
kelebihan dari B2c adalah sebagai berikut :
   Disebut dengan transaksi pasar
    Konsumen m’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi
    Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
    Memintaagar barang dikirimkan

Business to Consumer e-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut: 
a.  Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum. 
b.  Servis yang diberikan bersifat umum  (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web. 
c.  Servis diberikan berdasarkan permohonan  (on demand). Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan. 
d.  Pendekatan  client/server  sering  digunakan  dimana  diambil  asumsi  (client consumer)  menggunakan  sistem  yang  minimal  (berbasis Web)  dan  processing (business procedure) diletakkan di sisi server 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar